CARA MAKSIMAL MERAWAT LAPTOP / KOMPUTER TERBAIK YANG DI JAMIN AWET DAN TAHAN LAMA ( 100 % TERBUKTI AMPUH ) Part 1

06.59
Merawat Laptop Dengan Baik dan benar

Para pembaca yang budiman, seperti yang sudah kita ketahui bahwa laptop/komputer merupakan sarana yang paling banyak di gunakan oleh manusia. Baik itu para pekerta kantor, pedagang, para editor foto atau video, para siswa /mahasiswa,guru dan lain sebagainya semunya selalu menggunakan alat unutk mempermudah kerja mereka yaitu Laptop/Komputer.

Dari sekian banyak para pengguna  hanya sedikit orang yang tahu bagaimana caranya agar laptop mereka bisa awet dan tahan lama. Dan pada kali ini saya akan mengupas tuntas bagaimana langkah demi langkah merawat laptop agar bisa awet dan tahan lama, saya bisa menjamin kepada anda jika menerapkan langkah demi langkah di dalam tutorial ini di jamin laptop atau komputer anda bisa awet dan tahan lama.
Sebelum melanjutkan tutorial nya , Ada baiknya kita pahami dulu komponen penting dari laptop itu. Secara umum komponen laptop terdiri dari 2 bagian penting :
     1. HARDWHERE
      2. SOFTWHERE
Ini penting sekali kita ketahui karena dua poin di atas saling erat kaitannya dan saling berpengaruh satu sama lain , Bisa di katakan bahwa jika softwherenya rusak atau korup maka kinerja laptop pun akan buruk dan ini akan berimbas pada komponen hardwherenya, begitu juga sebaliknya jika Hard where nya rusak maka kinerja sofwhere nya pun akan buruk, dan oleh karena itu sekali lagi saya tekankan bahwa penting bagi anda untuk mengetahui komponen hardwhere dan sofwhere yang ada pada laptop.

Nah pada langkah merawat laptop ini saya akan bagi menjadi 2 bagian yaitu Hardwhere dan softwhere. Mari kita simak satu persatu :


LANGKAH – LANGKAH ATAU CARA MENJAGA DAN MERAWAT KOMPONEN HARDWHERE LAPTOP/KOMPUTER SECARA LENGKAP BAIK DAN BENAR.

      Apa saja yang termasuk Hardwhere laptop dan bagaimana fungsi dan cara merawatnya ,berikut penjelasannya :
  
    A. POWER AC/DC ADAPTOR
     
      
Adaptor/Power Suply


   
Power AC/DC adalah sebuah perangkat yang berfungsi mengatur daya listrik dengan cara  menurunkan tegangan tinggi dari sumber listrik menjadi tegangan rendah. Selain itu power suply juga berfungsi untuk mengubah listrik AC menjadi AC. Walaupun laptop dapat digunakan dengan power suply langsung tanpa baterei, namun sebenarnya fungsi utama power suply adalah untuk charge baterei pada laptop.

      
     Nah selanjutnya bagaimana cara merawatnya agar awet dan tahan lama ?

1. Pakai sesuai dengan kebutuhan

Tidak di anjurkan Menggunakan Adaptor untuk mencharge tanpa batasan waktu, menggunakan charger untuk mengisi daya untuk waktu yang sangat lama dan percuma akan membuat charger cepat rusak, misalnya ketika Kita akan tidur, lupa kontak masih tertancap pada colokan sumber listrik hingga pagi hari, jika terjadi pembiaran dan acuh terhadap hal ini, maka dijamin umur Adaptor akan pendek dan Sobat akan menanggung konsekuensinya yaitu membeli Adaptor baru/memperbaikinya.
  
       2. Jangan Biasakan Menggulung Kabelnya

Ini yang sering kita lakukan yaitu ketika menaruhnya di dalam tas dan tanpa disadari keadaan Adaptor kabel menggulung dan tertekan buku dan perlengkapan di dalam tas lainnya, hal ini akan membuat kabel bagian dalam putus terutama pada bagian kabel penyambung Adaptor.
Untuk mengatasi hal ini adalah gulung kabel Adaptor dengan hati-hati tanpa ada gulun gan yang membahayakan. Contoh kabel adaptor yang putus adalah ketika Kita akan mencharge kadang charge kadang tidak.

      3. Memakai Stabiliser.
          
Stabiliser

      
 Kenapa STABILISER ,Maksud saya dalam pengoprasina laptop sebaiknya anda memasang stabiliser ,Kenapa ? Karena dengan memakai stabiliser Listrik akan stabil dan ini akan baik untuk Power suply ,apalagi kondisi listrik di daerah yang kadang sering mati dan tanpa da pemberitahuan terlebih dahulu. Listrik yang stabil akan lebih mengawetkan komponen-komponen elektronika yang ada pada laptop khususnya Stabiliser. Komponen yang ada didalamnya biasanya mempunyai tegangan kerja tertentu, Jika listrik di tempat anda naik turun, jelas akan mempengaruhi kerja komponen tersebut, apalagi jika kenaikan atau penurunan tegangan kerja tersbut sudah keluar dari toleransi, akan sangat membahayakan komponen-komponen Power suply. Lebih baik lagi Pakailah UPS.
       
UPS

  
Jika memungkinkan, gunakan UPS yang didalamnya sudah include stabiliser, yang bukan hanya menyimpan daya tetapi dengan UPS ketika listrik padam kita masih punya waktu untuk memadamkan laptop,karena Salah satu fungsi UPS adalah menyimpan Daya Jadi ketika listrik mati UPS tidak langsung mati Ada kurang lebih 5 Menit untuk mematikan laptop dengan wajar.


4. Kurangi Acsesoris Atau Peripheral Yang terpasang di laptop.

Maksudnya adalah kurangi alat alat yang menghubung ke laptop yang sekiranay tidak mempunyai fungsi yang dominan,Misalnya pada laptop anda memasang Sound mini, atau juga misalnya pemasangan DVD rom Ekternal, Kipas angin mini, Scaner yang masih menancap di USB laptop, Atau modem yang sudah tidak di pakai dan manis menancap di laptop dan lain lainnya , intinya Semakin banyak peripheral yang terpasang, maka akan semakin besar pula kebutuhan daya yng di pakai , dan hal tersebut akan lebih memaksa Power Suply untuk kerja lebih ekstra, yang akibatnya akan lebih memperpendek umur Power suply anda. Paham kan maksud saya ?  

Jika dalam komputer anda terdapat banyak fan (kipas), mending yang tidak begitu berfungsi membuang panas dilepas saja. Jika anda menggunakan prosesor dan motherboard yang mendukung sistem smart idle, setting agar prosesor menurunkan kecepatan ketika sedang dalam kondisi inde, yang tentunya akan lebih menghemat daya.


5. Jika Pada Komputer Jangan Merubah Atau membongkar Fan Power Suply Jika bukan karena terpaksa banget.

Hal ini mungkin dilakukan mengingat PSU dengan daya besar akan mengeluarkan suara bising yang besar pula, dikarenakan kipas yang ada didalamnya bekerja secara cepat agar panas bisa dengan cepat dibuang. Banyak Para pengguna yang terganggu dengan suara bising tersebut, dan mereka biasanya akan mengubah konfigurasi kabel fan PSU agar bisa berputar lebih pelan dengan tujuan agar suara kipas bisa dikurangi. Tapi dengan melakukan hal tersebut, akan membuat semua komponen yang ada dalam PSU kepanasan, yang tentunya akan berakibat komponen akan cepat rusak.



  A.  BATERAI LAPTOP DAN CARA TERBAIK MERAWATNYA
     
Baterei Latop

   
      Setiap komputer laptop memiliki baterai yang memberikan catu daya ke laptop ketika tidak tersambung ke steker-melalui AC/DC power adaptor. Baterai laptop ada dalam berbagai bentuk dan spesifikasi model. Daya tahan baterai laptop tergantung pada berbagai kondisi dan keadaan misalnya: pengaturan kecerahan layar, intensitas program berjalan, suhu lingkungan kerja, dll.
     Baterai yang sama bisa bertahan lebih lama di laptop yang sama jika Anda mengoptimalkan pengaturan penggunaan daya pada panel kontrol.

      Berikut ini adalah Cara terbaik merawat Baterei Laptop Supaya awet dan tahan lama :

   1. Lakukan pengechargeran baterai Laptop hingga Lampu Indikatornya berwarna hijau

 Ketika anda membeli laptop atau Notebook sebaiknya jangan langsung menyalakan laptop terlebih dahulu. Ada baiknya Anda charge terlebih dulu baterai laptop selama kurang lebih 4 jam sampai indikator lampu menunjukkan bateari full. Biasanya ditAndai dengan nyala lampu hijau. Hal ini untuk mengantisipasi agar baterai tidak kaget. Bayangkanlah jika Anda baru bangun tidur namun sudah disuruh untuk berlari-lari. Atau sebuah motor yang baru saja dibeli namun sudah dipakai kebut-kebutan. Hal tersebut berlaku juga pada laptop Anda.

      2.      Melakukan Defragment Hardist dengan konsisten

      Kenapa harus melakukan ini ? Tahukah anda bahwa dengan men- defragment harddisk secara teratur baik itu dengan menggunakan aplikasi gratis maupu yang berbayar seperti aplikasi Defragler atau juga Tuneup Utilities secara teratur maka kinerja harddisk akan lebih baik dan secara otomatis akan mengurangi beban pada baterai.

  
      Bagaimana caranya mendefrag Hard dist ?

     Pertama Anda Klik Menu Star Pada Laptop anda seperti pada gambar di bawah ini, saya menggunakan window7.
       
Defragmenter


Kemudian Klik All Program File seperti yang di tulis pada no di atas,Kemudian selanjutnya Klik Accessories seperti pada gambar di bawah ini pada no 2, Kemudian klik System Tools Pada gambar no 3 di bawah ini

Cara Defragmen Hard disc

Dan selanjutnya,Anda tinggal klik menu Disc Defragmenter seperti pada gambar di bawah ini


Kemudian akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, anda tinggal klik no 6 dan setelah selesai anda tinggal klik no 7 yaitu Defragmenter Disc.



Tunggu Hingga prosesnya selesai,seperti pada gambar di bawah ini :

Cara DEfragmenter Laptop

Dan itu lah cara mendefrag Hard dist ,Kemudian selanjutnya Langkah untuk merawat Baterai laptop agar supaya awet dan tahan lama adalah dengan

      1.      Selalu Menggunakan  Aliran listrik yang stabil

Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya kenapa anda harus mempunyai listrik yang stabil, Perhatikan aliran listrik di rumah Anda apakah stabil atau tidak, saat Anda melakukan charge baterai perhatikan listrik yang dikonsumsi oleh adaptor, hindari listrik yang bervoltase tidak stabil. Biasanya aliran listrik yang tidak stabil bisa ditAndai dengan lampu yang sering berkedip-kedip.

      2.      Perhatikan Kerja Harddisk & CDROM

Usahakan  jangan mendengarkan musik atau film langsung dari keping CD/DVD nya. Biasanya ketika proses pemutarannya laptop akan bekerja berat utuk bisa memuatar file tsb,kita bahkan sering mendengar hembusan yang cukup keras di bagian Drive DVD Rom nya karena aktifitas ini maka secara otomatis akan menguras kinerja baterai. Lebih bagusnya dalam pemutaran film atau lagu anda sering menggunakan harddisk daripada menggunakan CDROM karena CDROM memakan daya yang lebih buruk dari pada harddisk. Selain merusak baterai hal tersebut juga bisa merusak CD/DVD Drive Anda. Caranya pindahkan  terlebih dahulu file yang ada dalam keping CD/DVD tersebut kedalam hardisk laptop Anda.

      3.      Pembersihan Slop kontak Baterai dengan Laptop.

Realistis sekali bukan ? Jika kita sering membersihkan Slop batrei penghubung ke laptop maka secara otomatis transper daya akan lebih lancar . sempatkanlah waktu senggang untuk membersihkan kontak baterai Anda dengan kain yang telah dibasahi dengan alkohol minimal setiap sebulan sekali,.


        4.      Mengatur Konfigurasi Power Option

Jika memungkinkan ,anda bisa memilih mode Power Saver atau Optimize. Jika Anda ingin baterai lebih tahan lama silahkan untuk memergunakan mode Power Saver dan gunakan mode Optimize jika Anda ingin menggunakan pemakaian baterai secara maksimal dan juga untuk menampilkan effect maximal. Namun tentu saja hal ini akan menguras daya baterai Anda.

      5.      Kurangi Penggunaan System external Device

Di Usahakan dan Jangan di biasakan terlalu lama bekerja dengan external device seperti hardisk external, mouse yang memiliki lampu, dan sebagainya. Jika Anda menggunakan external harddisk sebaiknya file tersebut dipindahkan dan dialihkan kedalam harddisk. Cabut atau matikanlah fungsi WiFi, Bluetooth, atau external device yang sedang terpasang lainnya jika sedang tidak digunakan.Ini akan lebih menghemat kinerja baterei.

      6.      Memperbesar Kapasitas RAM

Apabila Kapasitas RAM yang lebih besar maka akan lebih baik, mengapa? Karena jika ukuran RAM terlalu kecil maka saat Anda membuka berbagai aplikasi maka hal tersebut akan meningkatkan kinerja virtual memory, di mana virtual memory ini akan membutuhkan daya baterai yang lebih besar.

      7.      Cabut Baterai Jika Akan Digunakan Berjam-jam

Sebaiknya apabila Anda menggunakan laptop langsung tercolok ke listrik, alangkah baiknya Anda mencopot baterai laptop. Hal ini untuk menghindari baterai yang menggelembung karena panas yang diakibatkan kerja laptop dan aliran listrik. Bisa diumpamakan seperti Anda mengisi Angin pada ban motor Anda, jika terus menerus diisi maka ban motor Anda bisa meledak bukan?.Begitu juga dengan Baterei pada laptop.

      8.      Pengaturan Powerplan Baterai dan Hardisk

Konfigurasi power setting Anda seefektif mungkin. Misalkan setting agar layar dan HDD mati apabila laptop tidak digunakan dalam jangka waktu beberapa menit, misal 15 menit. Dengan demikian akan menghemat daya saat laptop tidak digunakan. Untuk sistem operasi Windows Anda bisa mengaturnya pada Control Panel.

       9.      Matikan screen saver

Screen saver mungkin akan mempercantik tampilan desktop Anda, namun untuk laptop, maupun Notebook disarankan agar tidak mematikan saja screen savernya karena apabila screen saver hidup itu sama saja dengan kita saat menonton film di laptop. Screen atau layar, VGA, hardisk dan komponen-komponen lainnya bekerja secara normal. Ini merupakan pebuangan daya yang sia-sia. Lebih baik pergunakan screen saver hanya untuk komputer rumah saja (komputer PC).


      10.  Tutup aplikasi yang tidak dipergunakan

Di antara Anda pasti ada yang mempunyai kebiasaan seperti berikut, membuka banyak aplikasi sekaligus namun tidak dipergunakan. Semakin banyak aplikasi yang dibuka maka akan semakin besar pula memori dan juga daya yang dibutuhkan dan Anda akan sering menjumpai peringatan Program Not Responding. Itu artinya pemborosan terhadap baterai laptop, kurangi kebiasaan buruk tersebut dari sekarang. 



C. MOTHERBOARD LAPTOP


Sebuah board sistem juga dikenal sebagai motherboard atau mainboard adalah papan circtuit utama di setiap laptop. Tidak seperti papan sistem PC desktop, papan sistem laptop datang ke pasaran dalam ribuan bentuk dan ukuran. Motherboard laptop selalu disesuaikan dengan spesifikasi model. Dengan kata lain, Anda tidak dapat mengeluarkan motherboard dari laptop Toshiba dan memasang ke laptop Dell.

Semua bagian dalam laptop terhubung ke board sistem, baik secara langsung melalui konektor terpasang pada board sistem atau melalui kabel. Dalam sebuah laptop biasa port dan komponen secara permanen terpasang ke board sistem dan tidak dapat dengan mudah diganti tanpa solder, misalnya: Hard drive konektor (HDD) keras,CD / DVD drive konektor,Memory (RAM) slot,Konektor baterai,Keyboard konektor,Audio (headphone dan mikrofon) jack,Roda Volume kontrol,Port USB,Eithernet (RJ45 alias jaringan) port,IEEE 1394 (Fire Wire) port,Video chip dan beberapa komponen lainnya dan port.

Nah Selanjutnya bagaimana cara merawat Motherboard Laptop yang baik ?
Ini dia caranya :

 Perhatikan pemasangan komponen, Komputer rusak bisa jadi karena kesalahan dalam pemasangan komponen atau bisa jadi karena pemasangan yang kurang baik jadi periksalah setiap komponen yang terpasang apakah sudah benar atau belum.
Jangan membiarkan komputer tidak digunakan/tidak dihidupkan dalam kurun waktu yang cukup lama. Usahakan sekurang-kurangnya 3 kali digunakan/dihidupkan dalam seminggu.
 Perhatikan kebersihan bagian dalam CPU khususnya mainboard, apabila kotor lakukan pembersihan mainboard dengan menggunakan kompresor udara atau bisa juga dengan menggunakan kuas kurang lebih 3 bulan sekali atau sesuai dengan kebutuhan.
Ventilasi udara yang ada pada casing jangan ditutup sehingga memperlancar terjadinya pertukaran udara bebas kedalam ruang Central Processing Unit (CPU) agar menjaga temperatur di dalam ruang CPU.
Bersihkan slot-slot atau konetor yang menghubungkan mainboard dengan komponen lainnya dari debu sekali sebulan.
Saat membersihkan agar selalu memperhatikan ada atau tidaknya baut-baut yang tertinggal di dalam mainboard, apabila ada segera angkat dari tempatnya untuk menghindari terjadinya hubungan pendek (korslet).

 
  D. CMOS BATTEREI

Batrei CMOS Laptop


Biasanya jika Baterei CMOS Rusak akan mengakibatkan seperti ini :



        Komputer tidak menyimpan tanggal, bulan dan tahun. Dan tentu saja, settingan yang kita buat di Cmos atau Bios akan berubah ke posisi ‘default’, akibatnya komputer akan selalu meminta untuk men-setup ulang dengan perintah-perintah seperti Press Del to Setup, atau Press F1 to Continue atau perintah-perintah lain semacamnya. Sangat mengganggu bukan?

       Bila baterai tidak menyimpan tanggal bulan dan tahun, maka di beberapa situs terutama Facebook maka akan timbul peringatan keamanan dan situs yang anda masuki dianggap berbahaya (untrust site)! Mengganggu juga bukan?


       Banyak terjadi, walaupun tidak sering, baterai-baterai Cmos menyebabkan komputer tidak bisa hidup! Atau bisa hidup sebentar lalu nge ‘hang’ kemudian tidak bisa dihidupkan kembali, lalu dibutuhkan waktu beberapa jam untuk bisa hidup kemudian mati kembali. Bahkan pada laptop, baterai Cmos sering bocor. Dan bocoran itu menetes pada Mainboard yang mengakibatkan konslet pada board laptop. Sebaliknya, kesalahan setting yang terjadi pada Bios atau Cmos pun yang mengakibatkan komputer tidak hidup disimpan oleh baterai, sehingga komputer tetap tidak bisa hidup.
Ini dia penampakan Batrei CMOS  Isi Ulangnya,Yang harganya Rp.3000 an:
Batrei CMOS Isi ulang

     

     E.  KEYBOARD LAPTOP

        
Cara merawat Keybord Laptop



 

Pada laptop, keyboard adalah perangkat input utama. Ini merupakan interface antara pengguna dan laptop. Pada kebanyakan laptop keyboard terhubung langsung ke motherboard melalui kabel pita datar. Dalam wujudnya, keyboard menggunakan susunan tombol atau key, untuk bertindak sebagai tuas mekanis atau saklar elektronik. Meskipun pengembangan perangkat input alternatif, seperti mouse, touchscreen, pen devices, pengenalan karakter dan pengenalan suara, keyboard tetap perangkat yang paling sering digunakan dan paling serbaguna digunakan untuk langsung masukan ke dalam komputer.

Selanjutnya bagaimana Cara Merawat dan menjaga Keyboard laptop Agar menjadi awet dan tahan lama, Ini dia Caranya :


- 
      Pada waktu anda membeli laptop dalam kondisi baru dari toko, jangan lupa langsung dipasang karet tipis yang bernama “keyboard protector” atau pelapis keyboard. Karet ini berfungsi melindungi keyboard dari debu, cairan yang mungkin bisa masuk ke keyboard anda, atau bisa juga benda-benda lain yang intinya bisa merusak keyboard anda.

-     Nah, dengan dipasangnya keyboard protect ini, harapannya kebersihan dari keyboard bisa lebih terjaga. Karena biasanya, faktor utama penyebab kerusakan pada keyboard adalah kotoran yang masuk dalam keyboard. Sebenarnya cukup simpel bukan? Tapi jika anda ingin melihat tips berikutnya lanjutkan membacanya sampai selesai,ya.

-     Jangan menaruh minuman atau makanan di dekat laptop, bagaimana kalau laptop anda terkena tumpahan air? Hal ini sangat berbahaya, karena dapat menyebabkan konsleting pada laptop anda.

-    Kurangi kebiasaan main game di laptop apalagi game yang berat spesifikasinya, ketika anda bermain game, hanya beberapa tombol saja yang ditekan, ini dapat menyebabkan keyboard rusak. Apalagi game dengan tipe Racing. Tipe racing memencet tombol gas selama racing berakhir. Tentunya tombol tersebut tertekan sangat lama. Saya sarankan menggunakan joystick, ini dapat mencegah kerusakan keyboard laptop anda.
       
Para Pembaca yang budiman Ada beberapa  Komponen lainnya yang belum saya bahas dan tidak mungkin untuk saya tulis ke Halaman ini semuanya, silahkan lanjutkan membaca Artikel " CARA  MAKSIMAL MERAWAT LAPTOP / KOMPUTER  TERBAIK YANG DI JAMIN  AWET DAN TAHAN LAMA
 ( 100 % TERBUKTI AMPUH ) Part 2 " nya ya agar lebih lengkap lagi pengetahuannya..

Terimakasih anda telah membaca artikel ini , Saya tunggu komentar and adi kolom di bawah ini... 




First
0 Komentar

Terimakasih Anda sudah berkomentar Dengan Baik Dan Sopan