CARA MAKSIMAL MERAWAT LAPTOP / KOMPUTER TERBAIK YANG DI JAMIN AWET DAN TAHAN LAMA ( 100 % TERBUKTI AMPUH ) Part 2

05.50


Para pembaca sekalian Postingan kali ini merupakan lanjutan dari postingan saya sebelumnya yaitu CARA MAKSIMAL MERAWAT LAPTOP / KOMPUTER TERBAIK YANG DI JAMIN AWET DAN TAHAN LAMA ( 100 % TERBUKTI AMPUH ) Part 1

     
    Tanpa berbasa basi lagi silahkan anda lanjutkan membacanya ya..

   E.  PROSESSOR ATAU CPU
     
Prosesor laptop



Prosesor adalah salah satu komponen utama dalam laptop. Prosesor laptop saat ini dibuat terutama oleh Intel dan AMD .Sebuah prosesor juga dikenal sebagai CPU (Central Processing Unit) adalah otak dari sebuah komputer laptop. Prosesor terhubung langsung ke board sistem melalui soket prosesor atau soket CPU seperti ditampilkan pada gambar di bawah ini.Central processing unit (CPU) Laptop saat ini telah maju dan mempunyai fitur hemat daya dan menghasilkan panas lebih sedikit dibandingkan prosesor desktop, tetapi tidak sama kuatannya. Ada berbagai CPU yang dirancang untuk laptop yang tersedia dari Intel (Pentium M, Celeron M, Intel Core dan Core 2 Duo), AMD (Athlon, Turion 64, dan Sempron), VIA Technologies, Transmeta dan lain-lain. Beberapa laptop memiliki CPU yang dapat dilepas, walaupun dukungan oleh motherboard dibatasi hanya pada model tertentu. Dalam laptop lain CPU disolder pada motherboard dan tidak dapat diganti.
   
 Pada Intinya Processor Ada 3 Bagian Utama  yaitu :

     a.      Control Unit (CU)
      
Conntrol Unit ( CU )

    
     Semua peralatan pada sistem komputer dikendalikan dan diatur oleh bagian ini. Perpindahan data dari memori utama dieksekusi di bagian CU ini. Untuk kemudian dikirim kembali hasilnya ke memori utama. Setelah itu layar monitor akan menampilkan hasil outputnya atau harddisk akan menyimpan data hasil olahan tersebut.

        b.   Arithmatic and Logical Unit (ALU)

            
Arithmatic and Logical Unit ( ALU ) Laptop



b    Perhitungan matematika / aritmatika  semuanya dilakukan pada Bagian ALU ini, tanpa terkecuali. Selain itu, apabila program / software yang sedang kita gunakan mengalami masalah maka akan ada Informasi Peringatan Kesalahan (Error Warning) yang tampil di monitor, yang kesemuanya itu dilakukan di bagian ALU ini. Intinya, bagian ALU ini merupakan bagian LOGIKA (pengambil keputusan).

             c.       Registry (Register)
Register merupakan tempat ngantri data-data yang akan diproses, sebelum data tersebut masuk ke memori utama. Walaupun bagian ini merupakan media penyimpanan kecil namun memiliki kecepatan akses tinggi.Tambahan : ada perbedaan letak kaki socket prosessor pada seri prosessor soket 478 (pentium 4) dan pada prosessor soket LGA 775. Prosessor soket LGA 775 terdapat pada dudukan di mainboardnya.


Fungsi Processor sangat dominan dan utama, sebab tanpa Processor maka komputer sama saja seperti manusia yang kehilangan otaknya. Sebab pada processor itulah semua pengendalian dan pemrosesan terjadi. Bedanya processor dengan otak yaitu processor hanya berfungsi sebagai pemroses data saja, kemudian data tersebut dikirimkan ke memori utama kembali. Processor tidak bisa menyimpan data seperti halnya otak manusia.

Nah berbicara mengenai cara merawat Prossesor, Saya akan share kepada anda Bagaimana Cara merawat Prossesor yang baik Ini dia :

   
          1.      Membersihkan Processor

Membersihkan Processor ini bisa dilakukan beberapa bulan sekali tergantung dari cepat atau lambatnya debu-debu menempel pada bagian Processor ini. Bagian yang dibersihkan dai Processor ini biasanya adalah pada bagian heatsink dan kipas-nya saja sudah cukup.

Untuk membersihakan kipas dan heatsink ini, pertama kita pisahkan heatsink dan kipas, lalu bersihkan dengan kuas, Apabila debu sudah menempel pada kipas, maka bisa kit lap dengan kain basah atau untuk heatsink bisa cuci sekalian. Sesudah dibersihkan lalu heatsink dan kipas dikeringkan sampai kering benar. Hati-hati jangan sampai masih ada air yang tersisa karena bisa menyebabkan konslet.

        2.      Memakai sofwhere

Agar dapat mengawasi temperature Processor secara real time, kita bisa menggunakan software seperti HWMonitor. Software ini tersedia dalam bentuk installer dan Portabel. Saya menyarankan untuk mendownload versi portabelnya saja sehingga tidak perlu kita instal

Demikianlah tips sederhana tentang cara merawat Processor. Pada dasarnya merawat Processor adalah dengan menjaganya agat tidak terjadi overheating,

Dan  Bagaimana caranya Supaya Kita Bisa Mencegah Overheat Processor :


      Caranya adalah sebagai berikut :

Saat komputer sedang aktif, maka temperatur dari Processor ini bisa sangat tinggi. 
Apabila batas   maksimal temperatur ini terlewati akan menyebabkan Processor mengalami overheat.

 Untuk mencegah overheat ini lakukan beberpa langkah berikut:

1. Menggunakan Fan dan Heatsink Processor (CPU Cooler) dengan kualitas bagus.

Sebagai alat utama yang berfungsi mendinginkan Processor, maka sudah barang tentu kita harus memilih untuk menggunakan tipe fan dan heatsink dengan kualitas yang bagus. Gambar dibawah adalah contoh fan dan heatsink standard untuk tipe Processor socket LGA 775

2. Menggunakan Thermal Paste dengan kualitas bagus

Thermal paste digunakan sebagai media perantara antara Processor dengan Heatsink (logam pendingin). Semakin baik kualitas dari thermal paste ini, maka panas dari Processor akan semakin cepat terbuang ke logam heatsink. Apabila Anda membeli paket CPU Cooler original, thermal paste ini sudah menempel pada bagian heatsink tersebut. Namun apabila thermal paste sudah lama digunakan, maka biasanya thermal paste ini akan mengering, sehingga kita harus membersihkannya menggantinya dengan yang baru. Penggunaan thermal paste ini cukup dikeluarkan sebesar kacang ijo saja dan di ratakan tipis-tipis.Hindari pemakaian odol sebagai pengganti thermal paste ini karena setelah odol kering justru akan menghambat proses penyerapan panas ini.

3. Menambahkan kipas (exzaust fan) di belakang CPU.

Hal ini bisa dilakukan dengan memasang kipas tambahan pada casing CPU sehingga udara panas dari Processor akan Ada beberapa yang perlu kita perhatikan untuk menjaga atau mencegah Processor dari Overheating ini, diantaranya adalah membuat sirkulasi udara didalam CPU agar berjalan lancar.

4. Merapikan kabel-kabel dalam casing CPU

5. Menempatkan CPU di ruangan yang dingin




G. CPU COLLING FAN

CPU Colling fun Laptop
 
Sebuah kipas pendingin CPU adalah kipas khusus yang mendinginkan heatsink dan akhirnya mendinginkan CPU (Processor). Biasanya kipas pendingin CPU merupakan bagian dari heatsink dan terletak diatas logam heatsink dan logam inilah yang menyalurkan panas dari chip CPU. Selain kipas pendingin CPU, beberapa laptop memiliki GPU (graphics processing unit) juga mempunyai kipas untuk pendingin chip GPU. CPU dan kipas pendingin GPU terhubung langsung ke motherboard melalui kabel yang dililitkan dari kipas angin. Ketika CPU dan GPU chip mendapatkan panas, kipas pendingin akan berputar lebih cepat.

Cara Merawat CPU Colling fun adalah dengan selalu mengkontrol rutin kondisi kipas pendingin pada komputer kita, apalagi bagi yang memakai komputer untuk warnet. Dari pengalaman pribadi saya, sering kali kipas pendingin pada CPU menjadi macet karena terkena debu. Kalaupun tidak macet kipas menjadi seret pada poros atau as kipas, jika seret maka kerja kipas akan berat dan timbul panas dari kumparan kipas sendiri.

Maka dari itu di sarankan kepada anda untuk selalu rutin bersihkan debu dengan cara menyikat poros kipas kemudian meneteskan sedikit saja minyak pelumas, putar kipas dan pastikan kipas sudah bisa diputar dengan jari. Setelah dirasa lancar putarannya, bersihkan dengan kain lap atau tisu dan saya biasanya memakai alat pembersih telinga yang kecil yang biasa di gunakan oleh anak saya .

Membersihkan colling fun laptop

     



  H. MEMORI RAM ( RANDOM ACCSES MEMORY ) LAPTOP


RAM adalah salah satu komponen komputer yang berfungsi sebuah perangkat atau media yang mempunyai fungsi untuk menyimpan data sementara pada sebuah komputer. Sebuah memori laptop yang juga dikenal sebagai RAM (Random-access memory) adalah penyimpanan data sementara. Ketika Anda mematikan laptop, semua informasi yang tersimpan dalam sebuah modul RAM akan hilang.  Lebih banyak Memori yang diinstal ke laptop akan memberi Anda kinerja (lebih cepat) lebih baik.  Anda dapat menguji memori laptop dengan alat diagnostik gratis yang disebut Memtest86+. Jenis memori yang digunakan dalam komputer laptop disebut SO-DIMM (Small Outline Dual In-line Memory Module).



Cara Merawat Ram Laptop yang baik adalah sebagai berikut :


Siapkan penghapus kertas dan kuas terus lakukan pembersihan pada slot ram dan juga PIN pada   RAM .

Hindari atau jangan di biasakan bermain Game yang berat atau sofwhere yang berat.Apabila  RAM tidak terbaca, bersihkan menggunakan menghapus kecil

Gosok bagian tembaga berwarna yang digunakan untuk menempelkan pada Motherboard sampai bersih
       Bagaimana anda siap mencobanya ?
 



      I.  HARD DRIVE

Hard Drive Laptop

Anda semua pasti tahu dan paham bahwa Hard disk merupakan sebuah media penyimpanan data pada komputer maupun laptop, mungkin banyak diantara sobat yang sudah memahami pengertian dan fungsi dari hard disk. Tetapi siapakah yang tahu cara merawat hard disk secara benar agar tidak cepat bad sector. Karena hard disk merupakan media yang cukup penting dalam sebuah komputer karena semua system komputer kita semua tersimpan di hard disk. Jika hard disk sobat rusak entah itu mungkin kena virus, bad sector, maupun tidak terbaca oleh komputer dan lain sebagainya maka akan cukup merepotkan kita, bukan??

Kebanyakan laptop modern menggunakan hard drive 2.5″. Laptop yang lebih tua menggunakan IDE hard drive, laptop yang lebih baru menggunakan hard drive SATA. Drive SATA dan IDE tidak dapat dipertukarkan, mereka memiliki konektor benar-benar berbeda. Jika laptop Anda menggunakan IDE hard drive Anda tidak dapat menggantinya dengan drive SATA. Konektor pada drive Anda tidak akan mach dengan konektor pada motherboard.

Bagaimana cara Merawat Hard Drive yang benar dan tepat ? Mari kita simak ..
Matikan Dan hidupkan Laptop dengan Normal

1. Lakukan pengecekan hardisk dengan defrag 
2. Lakukan Instal ulang dengan teratur 
3. Gunakan Stabilizer atau Stavolt 
4. Jangan Sampai harddisk Mendapatkan Suhu yang terlalu panas 
5. Hindari guncangan biasanya laptop yang sering dibawa-bawa dengan motor banyak 
    sering terjadi
6. Jangan dekatkan harddisk dengan magnet 
7. Jangan Letakan CPU di tempat yang lembab 
 
8. Lakukan Disc Defragmneter Atau Disc Clean Up secara teratur dan terjadwal,Tutorialnya sudah saya jelaskan Di atas. 
 
9. Pakailahlah Anti virus yang baik dan Jangan Lupa Selalu Update Anti Virusnya, Setahu saya ativirus apa saja sama saja yang paling mujarab adalah anda selu sering update saja. Saya contohnya saya saat ini menggunakan anti virus Smadav free tapi selalu Update dan ternyata sampai saat ini aman- aman saja tidak kalah dengan antivirus lain yang kapasitasnya jauh lebih besar. 
 
10. Pada waktu pemakaian Usahakan Sirkulasi Udara berjalan dengan baik,jangan bermain laptop di atas kasur karena akan menghambat sirkulasi udara laptop. 
Usahakan Hard Disc tidak terlalu penuh dengan data karena inn iakan sangat berpengaruh pada kinerja laptop, Jika dirasa sudah tidak di butuhkan lagi datanya,mending anda hapus saja. 
 
11. Gunakan UPS Dan stabiliser Agar senantiasa daya listrik bisa stabil dan ketika padam lampu laptop tidak mati mendadak karena ada penyimpan daya yaitu UPS, sehingga kita masih punya waktu Untuk mematikan Laptop secara Normal.


J. CD/DVD-RW OPTICAL DRIVE 

CD/DVD-RW OPTICAL DRIVE
CD-ROM adalah sebuah drive yang hanya diperuntukkan membaca kepingan CD. CD-RW (Re-Write) adalah drive yang memiliki kemampuan membaca kepingan CD dan juga mampu menulis kembali kepingan CD yang kosong (blank CD). Adapun DVD-ROOM adalah drive yang bisa membaca kepingan CD serta memiliki kemampuan untuk membaca kepingan DVD. Sedangkan DVD Combo adalah drive yang menggabungkan kemampuan DVD-ROOM dan CD-RW.

Sebagian besar laptop modern dilengkapi dengan CD/DVD-RW yang juga dikenal sebagai disc drive optik yang memungkinkan untuk membaca dan menulis data dari atau ke disk CD/DVD. Semua CD / DVD drive laptop berbentuk sama tetapi memiliki wajah depan yang berbeda yang juga dikenal sebagai bezel depan. Terakhir yang lebih canggih saat ini yaitu DVD-RW mampu membaca semua jenis CD dan DVD dan mampu membaca DVD-RAM juga mampu untuk menulis pada semua jenis kepingan, baik CD Blank, DVD Blank, dan juga DVD-RAM.
 

 Selanjutnya Bagaimana cara merawat CD/DVD RW Oftical Drive laptop yang baik 
ini dia jawabanya :

Perhatikan pemasangan sisi CD/DVD. Saat memasukan CD/DVD ke dalam CD/DVD Drive Anda perlu memperhatikan posisi atau letak CD/DVD apakah sudah terpasang dengan baik, hal ini bertujuan agar sisi cetakan yang selalu berada pada sebelah atas. Pada sebagian CD/DVD drive, Anda perlu memusatkan CD/DVD dalam indentation pada drive tray. Pada beberapa drive khususnya pada komputer notebook, Anda perlu benar-benar menekan lubang di pusat CD-ROOM, CD-RW, DVD-ROOM, DVD Combo, dan DVD-RW melewati lingkaran pada drive tray.
Bakar Di Bawah Kecepatan Maksimal.Bakarlah (burn) CD/DVD yang Anda beli dibawah kecepatan maksimal yang tercantum di software burner (NERO, ROXIO, dsb). Jangan pernah percaya tentang kecepatan maksimum yang tertulis di label CD/DVD. Sebab meskipun tertulis 52x, tapi seringkal setelah dianalisa oleh CD/DVD burner melalui software burner, biasanya nilai tulis itu akan turun. Untuk kebutuhan kompatibiitas pembacaan, pilih kecepatan burning 10x/12x saja -walaupun hal ini akan berdampak pada waktu proses pembakaran. Selain itu, hal ini juga dapat mengantisipasi apabila CD/DVD tesebut akan dibaca dari device CD/DVD ROM dengan spesifikasi baca (read) lebih rendah -yang masih banyak digunakan.
Jangan Ditekan, Jangan menulis label CD/DVD dengan pulpen, usahakan dengan spidol permanent pada bagian labelnya.
Autoplay Disabled. Dengan pengaturan default, sistem operasi Windows akan secara otomatis menjalankan CD/DVD saat anda memasukkan kedalam drive CD-ROOM, CD-RW, DVD-ROOM, DVD Combo, dan DVD-RW. Jika CD/DVD tidak otomatis Start, bisa jadi detting aotuplay mati. Lakukan dengan cara Klik Start klik kanan My Computer > Properties > Hardware > Device Manager klik icon tanda plus (+) pada kiri option DVD/CD-ROOM. Pilih Drive DVD/DVD-ROOM, klik Properties pada tab manager DVD/CD-ROOM klik Properties centang pada Enable digital CD audio for this CD-ROOM device. Restart komputer untuk akses setting baru. Hal ini bertujuan agar CD/DVD yang dimasukan dapat berjalan dengan baik.
Perhatikan Warna Lapisan Pemantul,Agar CD dan DVD saat ditulis dan dibaca tidak mengalami masalah, Anda dianjurkan mencari CD/DVD yang lapisan pemantulnya berwarna silver (perak) atau agak keemasan. Anda jangan pernah memilih pemantul yang berwarna-warni (biru, merah apalagi hitam). Sebab lapisan pemantul ini berperan dalam pembacaan data dari CD/DVD yang telah ditulis. CD/DVD yang berwarna-warni kemungkinan tidak ada kendala saat penulisan (write) oleh CD/DVD burner, namun ada kemungkinan akan susah saat dibaca.
Perhatikan Cara Menutup CD/DVD Drive, Jangan memberi tekanan keras saat Anda menutup tray driver DVD/CD-ROM, sebisa mungkin hindari menutup tray saat komputer atau notebook saat sedang mati, hal tersebut dapat merusak komponen bagian dalam CD/DVD Drive. Tutuplah kembali posisi CD/DVD Drive dengan tekanan yang perlahan, jangan terlalu keras saat menutupnya.
Hilangkan kebiasaan menggunakan drive terlalu lama, seperti : nonton film, putar music dalam arti drive dipaksa untuk membaca data secara terus menerus. Ibarat barang, semakin sering dipakai maka resiko rusak akan semakin dekat. Optic dari drive tersebut akan lemah jika sering dipakai untuk membaca.
Sangat dianjurkan untuk tidak meninggalkan kaset cd/ dvd di dalam drive, "karena apa?" karena optic dari drive akan terus membaca kaset walaupun sebenernya tidak memakai kaset itu. Kalo mau ngecheck, coba buka explorernya! pasti akan terasa agak berat dan drive bergetar (aktif)
Jangan pernah berusaha menyentuh (membersihkan) bagian optic dengan tangan kosong,      harusnya menggunakan kain halus agar optic tetap fit
CD/DVD Drive Tidak Dapat Dibuka atau Ditutup. Perhatikan selalu tray DVD/CD-ROM agar tetap tertutup dengan baik ketika sedang tidak dipergunakan, hal ini bertujuan untuk mengurangi kesempatan kotoran seperti asap rokok dan debu untuk dapat memasuki bagian dalamCD/DVD Drive Anda. Jika tombol pada bagian luar CD/DVD Drive Anda telah "aus dan tidak bisa atau memerlukan waktu yang lama (macet) saat membuka tray CD/DVD Drive, Anda bisamasukkan sebuah pin, lidi atau potongan kertas dalam lubang kecil pada drive DVD/CD-ROM.

Dan masih banyak  lagi cara merawat CD/DVD RW Oftical Drive itu, Dan pada kali ini saya share kepada anda yang pokoknya saja. Semoga saja bisa membantu.




    K.  LAYAR LAPTOP ATAU LCD SCREEN


Layar laptop juga dikenal sebagai layar LCD menampilkan gambar yang dihasilkan oleh kartu video laptop. Layar LCD menerima sinyal data dari kartu video melalui kabel LCD. Layar laptop di pasaran ada dalam berbagai ukuran dan resolusi. Untuk mencari ukuran layar LCD (dalam inci), Anda harus mengukur layar antara dua sudut diagonal. Laptop tua memiliki layar LCD besar. Laptop baru sebagian besar memiliki display LCD layar lebar. Sebuah lampu backlight (juga dikenal sebagai bola CCFL) adalah sumber utama cahaya di setiap layar LCD. Catu daya lampu backlight disupply oleh papan inverter.

Dan cara merawat Layar Monitor pc atau laptop  yang baik dan benar adalah sebagai berikut :
Bila membersihkan layar monitor hindari menggunakan kain berbahan katun kertas, kertas toilet, kertas tisu, atau sesuatu seperti baju untuk membersihkan layar LCD dan juga bahan-bahan semacam non-ultrasoft, karena sangat memungkinkan menggores layar pc atau kompi anda.Usahakan Jangan menggunakan bahan pembersih yang mengandung amonia, etil alkohol, aseton, toluena, asam etil, atau metil klorida 
Jangan menyemprotkan zat cair secara langsung ke layar monitor ini bisa mengakibatkan kerusakan, terlebih lagi jika monitor dalam kondisi on.
Ketika dilakukan pembersihan kondisikan monitor dalam keadaan off layar tidak on

     Nah itulah para pembaca sekalian , penjelasan mengenai LANGKAH – LANGKAH ATAU CARA MENJAGA DAN MERAWAT KOMPONEN HARDWHERE LAPTOP/KOMPUTER SECARA LENGKAP BAIK DAN BENAR, Yang saya jabarkan satu persatu secara detail, dan semoga bisa jadi petunjuk untuk anda semua, Sebanarnya masih ada beberapa Hardwhere yang belum saya bahas semuanya seperti Screen Inverter Board, Screen Backlight Lamp, LCD Screen Cable, Display Hinges, Web Camera, Graphic Card atau Video Card, Graphic Card atau Video Card, Sound card, Wireless Card. Karena menurut saya yang paling penting dan dominan adalah Komponen Hardwhere yang saya jelaskan di atas.


Nah Para pembaca yang budiman, setelah panjang lebar saya menjelaskan kepada anda Bagaimana cara Merawat Komponen Hardwhere Laptop yang baik dan benar, sekarang mari kita bahas bagaimana Cara Merawat Softwhere Laptop/Komputer agar Bisa berinerja dengan baik dan tidak Lelet.

Para pembaca yang budiman berbicara tentang Sofwhere Maka Kita harus tahu dulu apa yang di maksud dengan softwhere itu, Apa Fungsinya, Bagaimana agar supaya kinerjanya bisa berjalan dengan baik sesuai dengan fungsinya.


SOFTWHERE


Apa yang dimaksud dengan Istilah Sofwhere Yang di maksud dengan Softwhere Adalah adalah sekumpulan perangkat lunak untuk memperkenalkan perangkat keras kepada perangkat lunak sistem operasi, dengan perangkat lunak ini sistem mampu untuk menggunakan perangkat keras dengan baik Atau Bisa juga di sebut sebagai program atau kumpulan intruksi yang dibuat untuk melakukan pengolahan data. yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan komputer bisa berupa program yang berguna untuk menjalankan suatu perintah.

Fungsi dari softwhere ini secara Umum Adalah penerjemah dari segala instruksi yang pengguna lakukan lewat perantara sistem operasi, kemudian segala instruksi yang pengguna berikan itu akan diterjemahkan kedalam bahasa yang dimengerti oleh hardware sehingga segala insturksi yang pengguna berikan dapat dilakasanakan dengan baik.

Namanya juga sofwhere,Sofwhere tidak bisa di pegang atau di sentuh karena ini merupakan perangkat Lunak/lembut, Secara umum sofwhere terdiri dari 2 sistem :
1. Sistem Operasi Yaitu Software yang memang ada untuk jalur penghubung antara pengguna dengan hardware. Contohnya seperti : Windows, Linux dan Mac OS.

2. Software Aplikasi Yaitu Software yang berguna untuk diaplikasikan untuk memenuhi kebutuhan dan kepentingan pengguna. Contohnya seperti : Microsoft Office, Libre Office dan sebagainya.
Softwhere Berbeda dengan Hard where jadi tidak ada peraawatan khusus untuk softwhere ini,karena memang karena tidak bisa di pegang seperti contoh softwhere itu misalnya, Microsoft Office,excel, antivirus, Browser mozila Firepox,Nerro Dan lainnya, Tapi kali ini saya akan berbagi kepada anda 

Bagaimana cara supaya sofwhere yang terinstal di laptop atau komputer kita bisa bekerja dengan baik, Ini dia caranya :
1. Jalankan softwhere yang sesuai dengan spesifikasi laptop kita.
 2. Jangan di biasakan menutup program ketika program sedang berjalan Selalu gunakan antivirus yang up to date. 
 3. Usahakan jangan membuka beberapa sofwhere secara bersamaan dengan softwhere yang lain. 
 4. Jangan mengotak atik sistem folder yang ada di program file window atau di system registri laptop, 
5. Jika memang anda belum menguasai dengan sepenuhnya. Karena ini akan menyebabkan file softwhere korupt dan tidak bisa bekerja dengan baik.

Nah mungkin hanya itu saja yang bisa saya share kepada anda bagaimana cara agar softwhere kita bisa berjalan atau bekerja dengan baik.

Demikian tutorial saya mengenai CARA  MAKSIMAL MERAWAT LAPTOP / KOMPUTER  TERBAIK YANG DI JAMIN  AWET DAN TAHAN LAMA ( 100 % TERBUKTI AMPUH ) Semoga bisa membantu anda dalam merawat laptop yang anda sayangi.

      Saya menulis artkel ini memakan waktu kurang lebih 7 hari , Tidak lebih hanya untuk Berbagi inpormasi kepada anda semua, baik itu dari pengalaman saya langsung ataupun pengalaman teman-teman saya yang saya himpun ke dalam artikel ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda yang masih awan dalam merawat Laptop / Komputer.

Kritik dan saran yang membangun saya tunggu dari anda semua, karena pastinya dalam penulisan artikel ini sangat banyak sekali kekurangannya. Silahkan anda share ulang artikel ini kepada teman teman anda yang membutuhkan, Saya mohon dengan rendah hati ,” Jika anda menulis ulang untuk Web/Blog Anda Wajib bagi anda untuk menulis sumber artikelnya” .

Jika anda pernah mengunjungi Blog sederhana ini dan membacanya, Agar lebih banyak orang lain yang tahu silahkan anda Share artikel ini dengan mengklik tombol Share di bawah memberikan, G+ dan selajutnya tinggalkan komentar anda di bawah ini. Terimakasih

 

Previous
Next Post »
0 Komentar

Terimakasih Anda sudah berkomentar Dengan Baik Dan Sopan